Beberapa Hal dalam kejahatan internet (Cybercrime)



Di era yang sudah maju ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan computer untuk membantu pekerjaan dan mayoritas sudah terhubung dengan internet. Dibalik hal positif ini ada pula hal negative didalamnya salah satunya ‘’DIGITAL SECURITY RISK’’ yaitu masalah dalam keamanan digital. Dibawah ini ada beberapa penjabaran dan pengertian tentang keamanan digital :


1. Crimeware yaitu kejahatan dalam dunia digital, atau perangkat yang digunakan untuk mengambil sesuatu tanpa izin.




2. Hacker yaitu suatu istilah untuk menerobos system keamanan secara illegal , hacker tidak bersifat merusak ( biasanya membobol suatu jaringan perusahaan secara terus menerus lalu memberitahu kapada perusahaan tersebut dimana kelemahan system perusahaan tersebut dan lama kelamaan perusahaan tersebut akan membayar hacker tersebut untuk melindungi keamanan jaringan perusahaan tersebut. Jadi ringkasnya perusahaan membayar hacker untuk memperkuat system keamanan mereka)


3. Cracker yaitu kejahatan internet dengan merusak dan mencuri data suatu instansi atau perusahaan atau hal lainnya (dengan meminta sejumlah bayaran untuk sebagai tebusan agar data tersebut dapat kembali)


4. Script kiddie yaitu kejahatan dengan merubah sedikt program yang dia pakai untuk cracker


5. Corporate spies yaitu kejahatan untuk memasuki kompter perusahaan dan mencuri data perusahaan tersebut dengan menggunakan bantuan tertentu


6. Cyberextortionist yaitu kejahatan untuk mendapapatkan bayaran dengan merusak data


7. Cyberterrorist yaitu seseorang yang mengacaukan computer untuk kegiatan politik contohnya seseorang tersebut hanya menyampaikan sebuah berita sepenggal dan melakukan provokasi untuk kepentingan politik


8. Information transmitted yaitu kejahatan dengan merusak pengiriman data suatu jaringan










Comments

Popular Posts